Koas Klinik

STANDAR MINIMAL KOAS KLINIK

koas-bedahUntuk membahas pelaksanaan koas klinik dengan standar minimal kuantitatif yang baru, pada hari Sabtu, 31 Januari 2009 dilaksanakan rapat Bagian Klinik bersama pengelola koas klinik di Ruang Sidang RSHP.

Standar minimal kuantitatif koas klinik bagi FKH seluruh Indonesia telah dibahas di FKH UGM tanggal 26-27 Pebruari 2008. Pada pertemuan tersebut FKH Unud diwakili oleh drh. Putra Pemayun dan drh. Krisna Erawan. Adapun standar minimal kuantitatif yang disepakati oleh seluruh FKH se-Indonesia dan PBPDHI pada pertemuan tersebut adalah:

standar-koas

Pengertian kasus klinik adalah kasus yang ditemukan dan dapat dimanfaatkan oleh kelompok/group, dengan jumlah maksimum mahasiswa PPDH adalah 10 orang.

Untuk mencapai standar minimal yang telah disepakati tersebut, pelaksana program PPDH Unud telah menetapkan perubahan lama waktu koas klinik dari 12 minggu menjadi 18 minggu. Rapat tgl 31 Jan 2009 menetapkan pengaturan waktu tersebut. Koasistensi penyakit dalam dilaksanakan selama 11 minggu (2 minggu pertama koasistensi pra-klinik di Lab. Penyakit Dalam dan Patologi Klinik, 3 minggu di RSHP, 2 minggu di tempat praktek Dokter Hewan Praktek Hewan Besar, 2 minggu di tempat praktek Dokter Hewan Praktek Hewan Kecil, dan 2 minggu terakhir kembali di Laboratorium Penyakit Dalam dan RSHP). Hal yang baru dibandingkan koas klinik lama di samping lamanya palaksanaan adalah adanya koas pra-klinik. Koas pra-klinik di Lab. Penyakit Dalam diisi dengan kegiatan pemantapan/pendalaman materi dengan topik bahasan: pemeriksaan klinis, rekam medik, vaksinasi, terapeutik dan reseptir, pemeriksaan kulit, elektrokardiografi, penyakit hewan kecil, dan penyakit hewan besar.

Koasistensi bedah dilaksanakan selama 7 minggu (3 minggu pertama diisi dengan kegiatan pra-klinik di Lab. Bedah dan Radiologi, 3 minggu berikutnya di RSHP, dan 1 minggu terakhir untuk penulisan laporan dan masa ujian). Kegiatan pra-klinik diisi dengan diskusi/pemantapan materi, bedah mandiri wajib (laparotomi dan pilihan), dan keterampilan laboratorium.

Dalam rapat juga diputuskan bahwa pada saat ujian kasus penyakit dalam, mahasiswa wajib melakukan pemeriksaan sampel di Lab. Patologi Klinik.

Ketentuan pelaksanaan koas tersebut akan diberlakukan untuk mahasiswa koas gelombang IX yang akan masuk koas klinik pada awal Maret 2009.

SELAMAT BELAJAR

Satu Tanggapan to “Koas Klinik”

  1. elis'02 Says:

    wow makin seru dong KOASnya.. buat rekan rekan gelombang IX yang akan KOAS semangat yah.. pasti bisa and harapan kita agar rekan-rekan bisa semakin mahir and siap bersaing dengan alumnus dari fakultas lainnya..
    bravo and salam vetro..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: